Senin, 20 Mei 2013




K
edengarannya judul ini sederhana, namun ternyata banyak ayah, suami, sahabat, atau keluarga yang bertahun-tahun tidak mampu memahami seorang wanita. Dalam perilaku keseharian seorang lelaki, masih sangat banyak wanita merasa tersia-sia, tak berharga dan terasing. Siapa yang salah kalau begini, apakah para lelakinya yang dianggap tidak mau peduli dan empati atau kita salahkan saja wanita, yang tidak mau mengerti lelaki.
Salah satu sifat seorang muslim ideal adalah salah satunya ia mampu memperlakukan wanita dengan baik. Intinya menjadikan wanita makhluk mulia yang juga dimuliakan. Ingat ketika ada seorang sahabat yang bertanya pada Rasulullah, “Yaa Rasulullah, siapa yang aku harus hormati dan dimuliakan..? ” jawaban Rasul adalah “ibumu... ibumu... ibumu...”.
Dengan begitu, menjadi sebuah keniscayaan kalau kita juga berusaha semaksimal mungkin menghormati wanita, bahkan kalau perlu memuliakan mereka. Pertanyaannya, bagaimana kiat memahami wanita?

1.      Pahami bahwa wanita memang beda.
Wanita kadang bagi pria sulit bisa dipahami. Orang bisa saja telah menikah dan mungkin telah bertahun-tahun bergaul dengan wanita. Namun, yakinlah bahwa ia telah mengenal dan memahami wanita dengan baik. Belum tentu, tidak ada jaminan panjangnya usia perkawinan menjadi sebuah kepastian bahwa seorang laki-laki telah memahami wanita dalam konteks ini, salah satu kunci memahami wanita kita harus menyadari bahwa mereka adalah “makhluk yang berbeda”, maksudnya, berbeda dalam cara pikirnya dari pria dan tentu saja secara fisik berbeda pula. Emosinya juga, yang mengalir dari tubuhnya jelas juga tidak sama.
2.     Bersabar atas ketergesaan dan emosional wanita.
Kata sebuah riwayat, wanita berasal dari tulang rusuk Nabi Adam AS. Karakter tulang rusuk ini sendiri memang unik. Dibiarkan ia akan bengkok. Ditarik terlalu keras ia akan patah. Jadi kalau sampai detik ini anda belum memahami wanita, bersabarlah dan tetaplah berbuat baik. Siapa tau dengan kesabaran baja yang kita miliki, kita pada akhirnya mampu menemukan celah-celah dalam memahami dan mengenali seorang wanita dengan baik.
3.     Sadari bahwa ada manfaat yang besar saat pria mampu memahami wanita.
Ada begitu besar manfaat yang didapat saat seorang pria memahami wanita. Salah satu dari kemampuan ini adalah ia akan dengan mudah mengetahui keinginan wanita. Begitu tahu tentang keinginan wanita, maka seorang pria tersebut akan lebih bisa diterima dan menjalin komunikasi., hubungan, bahkan ikatan dengan seorang wanita. Dengan memahami wanita, maka pria tersebut akan menjadi pria yang lebih baik ketika bersosialisasi dan bercengkrama dengan wanita.
Sebaliknya, seorang pria yang mampu memahami wanita, sebaiknya ia juga membuka diri agar juga mudah dipahami wanita. Manfaat ketika wanita mengetahui keinginan seorang pria juga tak kalah sedikit, dengan mengetahui sesuatu yang menjadi keinginannya, maka wanita akan mampu memahami dirinya sendiri. Karena terkadang ketidakmampuan wanita dalam memahami dirinya, akan menyebabkan kesulitan komunikasi dengan pria, baik dalam konteks pertemanan ataupun dalam konteks pasangan hidup saat ia berkeluarga.
4.     Pahami wanita secara sederhana.
Kalau ingin memahami wanita, gunakan bukan cara dalam mata wanita. Gunakan saja cara pria. Dan jangan lupa, memahami wanita butuh sentuhan khusus dan gaya. Artinya keinginan wanita sebenarnya “that’s quiet simple”. Tapi pada kenyataannya banyak pria tidak memahami keinginan wanita, dan banyak pula wanita gagal ketika menyampaikan keinginannya pada pasangan. Terkadang wanita berfikir, “mans are so egois” .
Pada saat yang sama, banyak pria berpendapat : “buat apa gue susah-susah memahami keinginan wanita?”  jawabannya adalah untuk cinta. Tidakkah para pria sadar ketika pria mengetahui keinginan wanita, maka dia akan dapat mencintai wanita dengan lebih baik. Selain itu, pria akan dapat pula memanipulasi wanita. So, are man being manipulator for woman?
Hmmm,,,, jangan lah berpandang berpandangan bahwa manipulator akan selalu negatif. Menjadi manipulator yang baik, yaitu pria yang mampu menggerakkan cinta dari pasangannya. Manipulator dapat menggunakan semua karakter positif yang dimiliki oleh pasangannya. Manipulator dapat menyelewengkan semua karakter negatif yang dimiliki pasangannya. Manipulator dapat menjadi dalang (mendalangi) pemimpin dalam sebuah perjalanan cinta.
5.     Tulus lah dalam mencintai wanita.
Seluruh kesulitan pria saat menghadapi beratnya persoalan memahami wanita akan hilang seketika begitu ia mempersembahkan ketulusan dan kesucian cintanya. Maksudnya, sejumlah ketidak pengertian akan segera terkalahkan manakala cara pandang yang digunakan tidak sekedar ingin dimengerti dan ingin dipahami semata. justru kerelaan berkorban, berbagi serta memuliakan akan melunakkan benteng-benteng kekakuan hubungan yang terjalin antara pria dan wanita.
Tetaplah mencintai wanita dengan apa adanya, tulus dengan penuh kesucian. Mereka juga nanti pasti akan dengan rela membuka pintu-pintu perasaan, pikiran, keinginan serta kesetiaan pada para suami mereka (jika mereka adalah suami isteri)


= Huwallahu A’lam =



0 komentar: